Hal yang sangat penting bagi keberhasilan perusahaan yaitu mengelola hubungan yang baik dengan pelanggan di samping keberhasilan bisnis ditentukan oleh berapa banyak pelanggan yang loyal. Dalam jangka panjang agar perusahaan memiliki keunggulan dalam bersaing dan juga meningkatkan profitabilitas. Oleh karena itu, pelanggan dikelola melalui manajemen hubungan pelanggan (CRM).
Melalui CRM perusahaan dapat memenuhi kebutuhan, keinginan dan ekspektasi pelanggan sehingga terwujud solusi masalah. Apa yang menjadi masalah pelanggan perusahaan lah yang menjadi seolusi, sehingga kepuasan dan loyalitas pelanggan terwujud. Hasilnya perusahaan akan menerima profitabilitas jangka panjang dari pelanggan yang loyal.
KENAPA INI PENTING?
Di workshop ini, Anda bisa belajar secara mendalam segala hal terkait CRM. Mulai dari konsep, strategi hingga panduan untuk pelaksanaan program CRM menjadi lebih efektif meliputi 5 tahapan penting mulai dari mendapatkan pelanggan baru hingga mengingatkan retensi dan loyalitas. Itu belum seberapa dibandingkan dengan praktik studi kasus langsung pada aplikasi CRM KOMMO.
APA MANFAAT PELATIHAN CRM?
Workshop ini dirancang dengan baik, sehingga memberikan manfaat untuk bisnis Anda sebagai berikut :
Manfaat CRM bagi Perusahaan
- Meningkatkan transparansi dan efisiensi data.
- Membangun hubungan pelanggan yang lebih baik.
- Mempermudah kerja sama antar tim.
- Meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan.
- Meningkatkan efisiensi pelayanan pelanggan.
- Meningkatkan tingkat kepuasan karyawan.
- Mengurangi biaya operasional.
MATERI APA YANG AKAND DIBAHAS DALAM WORKSHOP INI
- Manajemen Hubungan Pelanggan 101
- Konsep Pelanggan
- Kebutuhan/ Masalah Pelanggan
- CRM Basis Data Manajemen
- Kendala dan Hambatan CRM
- Tahapan CRM
- Fungsi Strategis CRM
- Strategi Pemasaran & CRM
- Segmentasi pelanggan
- Rencana Pemasaran, Program, dan Kampanye
- Saluran Pemasaran
- CRM untuk Penjualan
- Manajemen Pimpinan
- Praktek CRM bersama KOMMO
